MENGENAL RAGAM BUKU CERITA UNTUK ANAK USIA DINI

Buku cerita jadi sebuah media yang sangat akrab dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Buku cerita sangat baik untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak, oleh karena itu beragam jenisnya yang disesuaikan dengan tahap perkembangan bahasa anak. Yuk kita intip apa saja ragamnya.....!  
 Buku Cerita pada Anak Usia Dini
Menurut Mustakim pada hakikatnya cerita ini adalah cerita tentang kejadian suatu tempat, kehidupan binatang, sebagai perlambang, kehidupan manusia, kehidupan manusia dalam masyarakat, dan cerita tentang mitos yang hidup dalam masyarakat kapan dan dimana cerita itu terjadi. Cerita untuk anak adalah cerita diperuntukkan anak, baik cerita yang menyangkut kehidupan anak maupun bukan cerita anak, seperti cerita tentang binatang, tentang para tokoh-tokoh yang berjasa bagi bangsanya, cerita tentang alam, dan cerita kepercayaan. Kedua cerita ini bermanfaat untuk pendidikan dan pembentukan pribadi anak. Berdasarkan penjelasan di atas maka disimpulkan bahwa hakikat cerita anak adalah karangan imajinatif tentang kehidupan anak yang ditulis oleh anak-anak atau orang dewasa.
Cerita anak ditulis pengarang memiliki nilai fungsional bagi kehidupan anak secara konkret. Ketika anak menyimak dan memahami cerrita maka terjadi proses transaksional. Arti dari proses transaksional tersebut adalah bahwa dalam cerita anak akan menggambarkan berbagai kemungkinan makna yang tersurat dan tersirat dalam cerita, seperti masalah cerita, karakter tokok-tokoh, alur, setting, dan bahasa. Akan tetapi proses transaksional  hanya terjadi apabila peranan orang dewasa (orang tua/pendamping atau guru) sebagai scaffolding (penyangga) membantu mengembangkan imajinasi anak dalam berbagai kegiatan, misalnya kegiatan menceritakan cerita, bercerita kembali, dan memahami isi cerita.
Menurut Patricia Siancolo bahwa buku bergambar sebagai gabungan yang unik dari seni grafis dan naratif yang cita rasa seninya lengkap dan sering kali lebih diperluas oleh ilustrasi. Buku bergambar yang bagus bisa memberikan anak kesenangan hiburan dan pengalaman estetika yang kreatif. Oleh karena itu buku cerita pada anak usia dini dalam penyajiannya lebih dominan gambar-gambar dibandingkan dengan tulisan tentang isi ceritanya itu sendiri. Hal tersebut disebabkan cara berpikir anak usia dini yang masih berpikir simbolik, mereka memerlukan bentuk-bentuk simbol berupa gambar untuk mewakili hal-hal yang baru dikenalnya dengan ketertarikan yang tinggi dan perasaan senang.


1. Buku Cerita Bergambar
Buku cerita bergambar atau picture book merupakan sarana yang tepat untuk mengajak anak mengenal buku dan membiasakan kegiatan membaca. Buku cerita bergambar memungkinkan orang bereksplorasi dari mulai ceritanya, temanya, bahasa maupun dari ilustrasinya. Buku cerita bergambar berperan penting dalam memotivasi anak-anak untuk membaca dan belajar. Dengan buku tersebut anak-anak akan terbantu dalam proses memahami dan memperkaya pengalaman pribadinya dari cerita yang dibacanya.
Buku cerita bergambar adalah sebuah buku yang menjajarkan cerita dengan gambar. Kedua elemen ini bekerja sama untuk menghasilkan cerita dengan ilustrasi. Biasanya buku-buku bergambar bertujuan untuk mendorong apresiasi dan kecintaan terhadap buku. Buku ini menjadi wadah bagi penulis, ilustrator, paper engineer yang mempunyai gagasan/ ide yang kreatif, inovatif, dan imajinatif. Tidak hanya anak-anak yang tertarik jika buku cerita bergambar telah dikemas menjadi buku yang memiliki nilai ilustrasi tinggi, tingkat paper engineering yang tinggi (jika itu buku Pop-Up), dan cerita yang unik, orang dewasapun tidak keberatan mengkoleksinya. Buku cerita ini menimbulkan daya imajinasi, pemikiran kreatif, mengembangkan komunikasi lisan, mengembangkan proses berpikir kognitif, mengungkapkan perasaan, dan meningkatkan kepekaan seni.
2.     Jenis Buku Cerita Bergambar
Terdapat berbagai jenis buku cerita bergambar atau picture book. Dibawah ini yang dikategorikan sebagai picture book sesuai usia pembacanya yaitu (a)  Baby books (b) Picture Books (c) Readers (d) Chapter Books (e) Middle Grade (f) Young Adults

a.    Baby books
Buku cerita bergambar ini ditujukan untuk bayi dan batita. Buku ini berisi materi sederhana, misalnya pantun dan nyanyian (lullabies & nursery rhymes), ilustrasi atau fotografi tanpa ada unsur verbal. Buku ini sepenuhnya mengandalkan kreatifitas orang tua dalam mengolah  intonasi suara, memperagakan cerita sehingga bayi dapat tertarik pada buku.
b.    Picture Books
Buku cerita bergambar ini diperuntukkan anak-anak dengan usia empat sampai delapan tahun. Dalam tiap buku hanya berisi sekitar seribu kata. Tema ceritanya dibuat berkaitan dengan kegiatan keseharian anak seperti makan, sekolah, bermain atau bermuatan edukatif tentang pengenalan pengetahuan antariksa, makanan sehat, hal yang baik dan buruk dan lain-lain. Karena tema yang masih sederhana, buku ini memerlukan ilustrasi visual yang menarik dan fitur seperti pop-up, books with sound, stiker untuk menarik perhatian dan menjadi alat penyentuh emosi anak.

c.    Readers
Buku cerita bergambar jenis ini biasanya untuk anak-anak usia enam sampai delapan tahun yang baru mulai bisa membaca sendiri, sehingga buku ini juga dikenal dengan sebutan easy to read.
d.    Chapter Books
Buku ini ditujukan bagi anak usia tujuh sampai sepuluh tahun. Ceritanya lebih padat, walaupun tetap menggunakan banyak tema petualangan. Tipikal dari buku jenis ini adalah cerita di akhir bab dibuat menggantung di tengah-tengah sebuah kejadian agar pembaca timbul rasa penasaran dan ingin menyelesaikan membaca buku tersebut.
e.    Middle Grade
Buku jenis ini ditujukan bagi anak yang berusia delapan sampai dua belas tahun, dimana pada usia ini adalah masa emas anak dalam membaca. Buku ini terdiri dari 100-150 halaman dengan jalan cerita yang mulai kompleks dan tema-tema yang cukup modern.
f.      Young Adults
Buku young adults ditujukan pada anak-anak yang berusia diatas dua belas tahun dengan panjang naskah 120-130 halaman. Plot ceritanya bisa sangat kompleks dengan banyaknya karakter utama. Tema-tema yang diangkat biasanya disesuaikan dengan kehidupan remaja saat ini.
Picture books yang memiliki range usia pembaca dengan usia 4-8 tahun sesuai dengan target market buku cerita interaktif ini yaitu usia 4-6 tahun. Picture books sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun yang masih dalam tahap membaca gambar.
Nah  materi yang selanjutnya kita akan membahas buku cerita untuk anak usia 



Sumber: 
Ann Whitford Paul. Writing Picture Books(Ohio.F-W Media,2009).

Muh. Nur Mustakim. Peranan Cerita dalam Pembentukan Perkembangan Anak TK.(Jakarta : Dirjen Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. 2005).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAGAIMANA MENULIS BUKU CERITA UNTUK ANAK ?

PENDIDIKAN BELA NEGARA UNTUK ANAK USIA DINI